Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

By | August 17, 2021

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Pendekatan ini secara kasar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Perubahan gaya hidup
Pilihan makanan
Suplemen diet
Rempah
Minyak esensial
1] Perubahan gaya hidup untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda
Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah beralih ke gaya hidup sehat. Itu berarti…

berolahraga secara teratur
mengurangi stres
memperbaiki pola tidur
mengurangi minuman keras
mengambil tindakan perlindungan pribadi protective
Latihan harian … Anda harus turun dan memasukkan latihan fisik sebanyak yang Anda punya waktu untuk aktivitas sehari-hari Anda untuk memperkuat sistem kekebalan Anda.
Ini adalah fakta yang terkenal bahwa sistem kekebalan tubuh kita semakin lemah seiring bertambahnya usia… ini disebut immunosenescence , penurunan bertahap dari sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan di Aging Cell pada tahun 2018 berjudul Major features of immunosenescence… yang diperbaiki dengan aktivitas fisik tingkat tinggi di masa dewasa menunjukkan bahwa… untuk orang dewasa berusia 55 hingga 79 tahun dan apakah mereka memiliki kondisi medis yang mendasarinya seperti diabetes atau tidak. … latihan fisik tingkat tinggi mengurangi tingkat di mana sistem kekebalan melemah secara dramatis, meskipun olahraga tidak mencegahnya terjadi sepenuhnya.

Stres… untuk meningkatkan kesehatan Anda, Anda perlu meminimalkan tingkat stres Anda. Studi menunjukkan bahwa stres kronis dapat menekan respons imun protektif dan memperburuk respons imun patologis.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine (NIH) pada tahun 2014, Efek stres pada fungsi kekebalan tubuh , merangkum berbagai efek, baik dan buruk, stres jangka pendek dan jangka panjang dapat memiliki kehidupan kita.

Sl eep … Anda perlu memastikan bahwa Anda tidur setidaknya 7 jam setiap malam. Ketika Anda tidak cukup tidur, sistem kekebalan tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sleep pada tahun 2014, Behaviourally Assesed Sleep and Susceptibility to the Common Cold , menemukan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam, 4 kali lebih mungkin terkena flu dibandingkan dengan orang dewasa yang tidur lebih dari 7 jam.

Alkohol … alkohol memiliki efek buruk pada kesehatan usus Anda, menurunkan fungsi kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Dengan kata lain, terlalu banyak alkohol dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk mempertahankan sistem kekebalan yang kuat Anda harus membatasi asupan Anda untuk satu atau dua minuman seminggu maksimum.

Aktivitas perlindungan pribadi … cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari segala kekurangan dalam sistem kekebalan Anda adalah dengan melakukan aktivitas yang melindungi Anda dari virus, bakteri, dan jamur… ini berarti:

sering cuci tangan
penggunaan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%
kurangi menyentuh wajah… mata, hidung, dan mulut
batuk atau bersin ke siku Anda
menggunakan tisu sekali pakai yang Anda buang atau (sebaiknya) dibakar
menyingkir saat sakit
mencari perhatian medis sesuai kebutuhan
2] Pilihan makanan dan minuman untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda
Apa yang Anda makan dan minum dapat memiliki dampak yang sangat kuat pada sistem kekebalan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa dengan efek yang sangat positif pada sistem kekebalan Anda:

Teh hijau
Kaldu tulang
Jahe
Makanan kaya vitamin C
Makanan yang kaya akan Beta-karoten
Teh hijau … minuman ini mengandung sifat antioksidan dan imunomodulator.
Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi sel Anda dari radikal bebas, yang mungkin berperan dalam penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Radikal bebas adalah molekul yang dihasilkan ketika tubuh Anda memecah makanan atau saat Anda terpapar asap tembakau atau radiasi. Sebuah immunomodulator adalah agen kimia yang memodifikasi respon imun atau fungsi sistem kekebalan tubuh.

Karena sifat tersebut, teh hijau bekerja sebagai agen antijamur dan antivirus. Jadi, akan sangat membantu jika sistem kekebalan tubuh Anda terganggu. Antioksidan dan asam amino dalam teh hijau dapat membantu tubuh Anda melawan kuman… jadi minumlah secangkir besar teh hijau berkualitas baik setiap hari. saya lakukan.

Kaldu tulang … kaldu yang dibuat dengan merebus tulang dan jaringan ikat adalah minuman lain yang sangat baik untuk membantu sistem kekebalan Anda tetap kuat. Bisa dibuat dari tulang sapi, ayam atau ikan.

Kaldu tulang mendukung fungsi kekebalan Anda dengan meningkatkan kesehatan usus Anda dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh sindrom usus bocor. Kolagen dan asam amino yang dikandungnya membantu menutup lubang di lapisan usus dan mendukung integritasnya.

Karena kesehatan usus Anda memainkan peran utama dalam berfungsinya sistem kekebalan Anda, mengkonsumsi kaldu tulang adalah makanan penguat yang sangat baik untuk sistem kekebalan Anda.

Jahe … diyakini bahwa efek pemanasan jahe membantu memecah akumulasi racun di organ kita. Jahe juga terkenal untuk membersihkan sistem limfatik.

Sistem limfatik adalah jaringan jaringan dan organ yang membantu membersihkan tubuh dari racun, limbah dan bahan yang tidak diinginkan lainnya. Fungsi utama dari sistem limfatik adalah untuk mengangkut getah bening , cairan yang mengandung sel darah putih yang melawan infeksi, ke seluruh tubuh.

Dengan nutrisi kekebalan dan respons anti-inflamasi, akar jahe dan minyak esensial jahe dapat mengobati berbagai macam penyakit. Memang sebuah laporan, Anti-Oxidative and Anti-Inflammatory Effects of Ginger yang diterbitkan pada April 2013 di International Journal of Preventative Medicine , meninjau bukti terkini tentang efek jahe sebagai agen anti-inflamasi dan anti-oksidatif dan menemukan bahwa jahe memiliki potensi antimikroba dan dapat membantu dalam mengobati penyakit menular.

Jahe juga dikenal karena kemampuannya untuk mengobati gangguan peradangan yang disebabkan oleh virus, bakteri dan parasit, serta peradangan yang disebabkan oleh panas, asam, dan asap rokok.

Dengan demikian, cukup jelas bahwa jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan harus ditambahkan ke dalam diet rutin Anda.

Vitamin C … makanan yang kaya vitamin C meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda melalui sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Sebuah penyelidikan tentang peran vitamin C dan seng untuk meningkatkan kekebalan , yang diterbitkan oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional AS (NIH), menemukan bahwa banyak vitamin C bersama dengan seng dapat membantu mengurangi infeksi pernapasan dan memperpendek durasi pilek dan serangan flu biasa. bronkitis.

Makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan vitamin C adalah … buah jeruk (jeruk, lemon dan jeruk bali) … kismis hitam … jambu … paprika (merah dan hijau) … nanas … mangga… melon… peterseli dll

Beta-karoten… makan makanan yang kaya beta-karoten lebih baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda daripada mengambilnya sebagai suplemen makanan. Beta-karoten adalah antioksidan kuat… mengurangi peradangan dan melawan stres oksidatif.

Sumber terbesar beta-karoten adalah sayuran berdaun hijau dan buah-buahan dan sayuran berwarna kuning, oranye dan merah, termasuk… jus wortel… ubi jalar… labu… paprika merah… aprikot… kangkung. .. bayam… sawi hijau dll

3] Suplemen makanan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda

Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengatasi kekurangan nutrisi dengan suplemen makanan. Berikut adalah tiga suplemen yang dapat sangat membantu:

probiotik
vitamin D
seng
Probiotik… suatu zat atau sediaan probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk kualitas manfaatnya. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu Anda mencerna nutrisi yang meningkatkan detoksifikasi usus besar Anda dan mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.
The saluran pencernaan manusia adalah di mana makanan dipecah dan nutrisi diserap. Dinding usus bertindak sebagai penghalang, mengendalikan apa yang memasuki aliran darah. Celah kecil di dinding usus (alias persimpangan ketat) memungkinkan air dan nutrisi melewatinya, sekaligus menghalangi lewatnya zat berbahaya. Permeabilitas usus mengacu pada seberapa mudah zat dapat melewati dinding usus.

Ketika persimpangan ketat dinding usus menjadi longgar, usus menjadi lebih permeabel, yang memungkinkan bakteri dan racun keluar dari usus ke dalam aliran darah. Ini usus bocor .

Ketika usus bocor, bakteri dan racun yang masuk ke aliran darah dapat menyebabkan peradangan dan mungkin memicu reaksi dari sistem kekebalan tubuh. Usus bocor adalah penyebab utama kepekaan terhadap makanan, penyakit autoimun dan ketidakseimbangan kekebalan atau sistem kekebalan yang melemah.

Jadi, mengonsumsi makanan dan suplemen probiotik untuk mengatasi masalah ini bisa menjadi penting. Faktanya, penelitian yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition pada tahun 2014 memberikan informasi terperinci tentang bagaimana probiotik merangsang sistem kekebalan tubuh kita

Vitamin D … kekurangan vitamin ini dikaitkan dengan peningkatan autoimunitas (sistem kekebalan Anda menyerang sel dan jaringan sehat Anda sendiri) dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda adalah dengan memperbaiki kekurangan nutrisi seperti itu.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Medicine pada Agustus 2011 menunjukkan bahwa vitamin D bekerja untuk meningkatkan kekebalan protektif. Memang, banyak penelitian telah mengaitkan kadar vitamin D yang lebih rendah dengan peningkatan infeksi.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Massachusetts yang mencakup 19.000 peserta (diterbitkan pada tahun 2009) menyatakan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang lebih rendah lebih mungkin untuk melaporkan infeksi saluran pernapasan atas baru-baru ini daripada mereka yang memiliki kadar vitamin D yang cukup, bahkan setelah disesuaikan dengan variabel. seperti musim, umur, jenis kelamin, dan sebagainya.

Seng … suplemen ini sering dijual sebagai obat bebas untuk pilek dan penyakit serupa. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 tentang Khasiat seng terhadap virus flu biasa mencatat bahwa hal itu dapat mengganggu proses molekuler yang menyebabkan penumpukan bakteri di saluran hidung.

4] H erb yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda

Setidaknya empat herbal bisa sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda:

Elderberry
Akar Astragalus
Ginseng
Echinacea
Elderberry … Bunga dan berry dan bunga dari tanaman tua telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Hippocrates, ‘bapak kedokteran’, menggunakan elderberry karena banyak manfaat kesehatannya, termasuk kemampuannya melawan pilek, flu, alergi, dan peradangan.
Elderberry telah terbukti membantu mengobati gejala pilek dan flu biasa yang disebabkan oleh infeksi virus. Ini menunjukkan bahwa ia memiliki kekuatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Memang, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Medical Research pada Maret-April 2004, studi acak tentang kemanjuran dan keamanan ekstrak elderberry oral dalam pengobatan infeksi virus influenza A dan B , menunjukkan bahwa ketika elderberry digunakan dalam 48 jam pertama. jam dari timbulnya gejala, itu mengurangi durasi flu, dengan gejala yang hilang rata-rata empat hari sebelumnya. Plus, penggunaan obat penyelamat secara signifikan lebih sedikit pada mereka yang menerima ekstrak elderberry dibandingkan dengan plasebo.

Obat penyelamat adalah obat yang dimaksudkan untuk meredakan gejala dengan segera. Obat penyelamat paling sering digunakan untuk alergi parah, asma, atau migrain… alias obat kerja cepat dan obat kerja cepat .

Akar Astragalus Akar ini telah digunakan dalam Pengobatan Tradisional Cina selama ribuan tahun sebagai adaptogen. Sebuah adaptogen adalah zat alami yang membantu tubuh beradaptasi dengan kesusahan.

Memang tanaman astragalus memiliki sejarah yang sangat panjang sebagai penambah kekebalan tubuh dan penangkal penyakit. Meskipun belum banyak dipelajari, dalam beberapa tahun terakhir anggota keluarga kacang-kacangan ini telah mendapat sorotan ilmiah yang meningkat.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine pada tahun 2016, Astragalus membranaceus: A Review of its Protection Against Inflammation and Gastrointestinal Cancers , menemukan bahwa perawatan berbasis astragalus menunjukkan peningkatan signifikan dari toksisitas yang disebabkan oleh obat-obatan seperti imunosupresan dan kemoterapi kanker. Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak astragalus memiliki efek menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari peradangan gastrointestinal dan kanker.

Ginseng … tanaman ini telah lama digunakan untuk menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit atau infeksi. Ginseng meningkatkan kinerja sistem kekebalan Anda dengan mengatur semua berbagai sel kekebalan dalam tubuh Anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ginseng Research pada Oktober 2012, Ginseng, ‘Immunity Boost’: The Effects of Panax ginseng pada Sistem Kekebalan Tubuh , menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki senyawa antimikroba yang bertahan melawan infeksi bakteri dan virus.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine pada tahun 2005, pemberian ekstrak ginseng oral jangka panjang memodulasi respon imun humoral dan fungsi sel limpa , menemukan bahwa ekstrak ginseng berhasil menginduksi pembentukan antibodi spesifik antigen ketika diberikan secara oral.

Antibodi mengikat antigen, seperti racun atau virus, dan mencegahnya menghubungi dan merusak sel-sel normal tubuh. Karena ginseng berperan dalam produksi antibodi, ini membantu tubuh Anda melawan mikroorganisme atau antigen patogen yang menyerang.

Echinacea … Penduduk asli Amerika telah menggunakan tanaman ini selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Hari ini, itu paling dikenal sebagai obat herbal over-the-counter untuk pilek atau flu. Namun, itu juga digunakan untuk mengobati rasa sakit, peradangan, migrain dan masalah kesehatan lainnya. Bagian atas dan akar tanaman digunakan dalam tablet, tincture, ekstrak dan teh.

Tanaman echinacea mengandung berbagai senyawa aktif yang mengesankan, seperti asam caffeic, alkamides, asam fenolik, asam rosmarinic, polyacetylenes dan banyak lagi. Studi telah menghubungkan echinacea dan senyawanya dengan banyak manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan dan menurunkan kadar gula darah. Salah satu yang paling signifikan dari manfaat ini adalah efeknya bila digunakan pada infeksi berulang.

Sebuah studi tentang keamanan dan kemanjuran echinacea dalam mencegah flu biasa, yang diterbitkan pada tahun 2012 di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine , menemukan bahwa efeknya dimaksimalkan ketika digunakan pada infeksi berulang, dan efek pencegahannya meningkat ketika digunakan. untuk mencegah flu biasa.

Tinjauan kritis terhadap khasiat obat echinacea yang dilakukan di University of Wisconsin Medical School, diterbitkan di Phytomedicine pada Januari 2003, menemukan bahwa echinacea menunjukkan aktivitas imunomodulator yang signifikan. Sebuah immunomodulator adalah agen kimia yang memodifikasi respon imun atau fungsi sistem kekebalan tubuh.

Saat meninjau beberapa lusin percobaan pada subjek manusia, termasuk beberapa percobaan acak buta, para peneliti menyimpulkan bahwa echinacea memiliki beberapa manfaat, termasuk stimulasi sistem kekebalan tubuh, terutama dalam pengobatan infeksi saluran pernapasan atas akut.

5] Minyak atsiri untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Setidaknya ada dua minyak esensial yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda:

Dupa
Oregano
Mur … resin ini adalah salah satu minyak esensial yang paling banyak digunakan di dunia. Selama ribuan tahun, mur telah digunakan untuk menghentikan pendarahan, untuk membersihkan dan menyembuhkan luka, dan untuk mengobati demam.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Holistic Nursing Practice pada November 2007 menemukan bahwa sifat antiseptik, antibakteri dan antijamur mur memperkuat sistem kekebalan tubuh. Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2012 menemukan bahwa kemanjuran antimikroba yang ditingkatkan dari mur ditingkatkan ketika digunakan melawan sejumlah patogen dalam kombinasi dengan minyak kemenyan. Para peneliti menyatakan keyakinan mereka bahwa minyak mur memiliki sifat anti-infeksi dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Oregano … orang Yunani dan Romawi kuno menghubungkan ramuan ini dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Ini digunakan untuk membuat minyak esensial.

Minyak atsiri adalah minyak yang menyandang nama tanaman dari mana mereka berasal. Minyak ini disebut esensial karena dianggap mewakili esensi dari bau dan rasa tanaman tertentu dari mana mereka dibuat.

Minyak oregano adalah minyak esensial yang dibuat dari tanaman oregano. Penelitian menunjukkan ia memiliki sifat antimikroba, antivirus dan antijamur. Senyawa dalam minyak oregano juga merupakan antioksidan kuat, antiinflamasi, antidiabetes, dan agen penekan kanker.

Risiko yang terlibat dalam memperkuat sistem kekebalan Anda

Anda harus mencatat bahwa beberapa ramuan penambah kekebalan tubuh, suplemen, dan minyak esensial ini bisa sangat manjur. Jadi, tidak bijaksana untuk meminumnya lebih dari dua minggu sekaligus. Dan, istirahat di antara sesi panjang itu penting.

Setiap kali Anda menggunakan pengobatan alami seperti suplemen yang terbuat dari tumbuhan, Anda harus meminta saran dari dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya. Lakukan hal yang sama jika Anda sedang hamil dan menggunakan minyak esensial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *