Internet Memiliki Kekuatan untuk Mengatasi Kemiskinan

By | August 21, 2021

Apa itu Digital Divide?

Istilah “kesenjangan digital” telah digunakan untuk menggambarkan variasi akses ke internet dan teknologi terkait internet (seperti komputer) yang tersedia di berbagai negara dan bahkan di negara maju. Karena internet telah menjadi lebih umum di banyak negara di seluruh dunia, masih ada variasi yang signifikan dalam seberapa banyak akses yang dimiliki orang ke sumber daya itu. Ada garis tren yang jelas yang menghubungkan negara-negara di mana kemiskinan lebih umum dengan kurangnya akses ke internet dan infrastruktur teknologi yang belum berkembang di negara-negara tersebut.

Adanya kesenjangan digital yang memisahkan negara-negara maju dengan negara-negara terbelakang tidak berarti bahwa evolusi internet entah bagaimana menciptakan ketimpangan di dunia. Bahkan, kesenjangan digital umumnya mengikuti pola sejarah perkembangan dan penggunaan teknologi di antara negara-negara maju seperti Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Jepang versus negara-negara yang lebih primitif seperti di Afrika dan Amerika Selatan.

Namun, satu hal yang menjadi jelas ketika mempertimbangkan apa yang disediakan Internet. Mereka yang memiliki akses internet yang konsisten secara alami memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkomunikasi, belajar, berbisnis, dan memanfaatkan jaringan sumber daya dunia secara umum. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 menunjukkan korelasi yang tinggi antara pendapatan rumah tangga rata-rata dan kecepatan internet rata-rata.

Bagaimana Internet Menciptakan Peluang?

Contoh dari Honduras

Ada banyak sekali cara yang disediakan oleh internet untuk mengatasi kemiskinan dan menciptakan peluang. Saat saya menulis artikel ini, saya di Honduras membantu organisasi amal nirlaba mengajarkan keterampilan pemasaran internet kepada siswanya. Bagian penting dari program kami untuk mengumpulkan uang bagi sekolah melibatkan pembangunan toko gigi online yang akan dioperasikan oleh para siswa. Mereka akan belajar bagaimana menggunakan mesin pencari optimasi dan pemasaran media sosial, pemenuhan pesanan, layanan pelanggan, penulisan teknis, dan keterampilan lain yang tidak akan mereka miliki jika bukan karena kesempatan yang diberikan oleh internet.

pendidikan

Mungkin komponen paling penting yang membuat internet dapat diakses oleh sebanyak mungkin populasi adalah akses ke informasi dan pendidikan yang menyertainya. Pembelajaran tentu telah berkembang selama dua puluh tahun terakhir. Alih-alih harus bergantung pada kuliah kelas langsung yang terdiri dari program yang membutuhkan biaya kuliah dan jadwal yang fleksibel, YouTube, Wikipedia, dan alat pembelajaran online lainnya telah membuat pendidikan yang diambil untuk siapa saja yang dapat mengakses halaman mereka.

Bisnis

Kemampuan bisnis untuk memasarkan produk mereka di internet telah menyamakan kedudukan, membuat profitabilitas kemungkinan besar bagi mereka yang akan meluangkan waktu untuk mempelajari cara mengkonfigurasi internet untuk membawa pelanggan mereka kepada mereka. Teknik untuk menarik pelanggan dijelaskan secara rinci secara gratis atau dengan biaya rendah di situs tutorial pemasaran masuk di seluruh web.

Karena internet, pasar telah berkembang untuk pengusaha yang membangun bisnis mereka langsung dari rumah mereka, termasuk blogger ibu yang menjual iklan, YouTuber yang mendapat untung dari hanya merekam apa yang mereka lakukan setiap hari atau yang memfilmkan demonstrasi diri mereka sendiri saat membuka mainan, pemilik bisnis e-niaga yang mengirimkan produk yang mereka pasarkan untuk dijual menggunakan toko online, dan sejumlah cara kreatif lainnya untuk membuat mesin pendapatan menggunakan internet.

Kesimpulan

Meskipun kesenjangan digital tidak menyebabkan disparitas kekayaan antara negara-negara maju dan negara-negara tertinggal, perluasan internet sehingga lebih mudah tersedia di tempat-tempat yang masih belum memiliki akses dapat secara signifikan mengubah lapangan permainan, membuatnya begitu bahwa kelas bawah atau orang miskin dapat memanfaatkan peluang yang saat ini digunakan untuk menciptakan kekayaan di antara populasi yang mendukung internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *